Saturday, December 31, 2011

Ragam Lovebird

Posted by admin

JENIS LOVEBIRD
Jenis lovebird yang dikenal luas saat ini tidak sebanyak spesies aslinya. Sebagian orang  hanya mengenal beberapa jenis saja. Lovebird muka merah, lovebird sayap hitam, dan lovebird kacamata merupakan jenis lovebird yang terkenal. Ada pula varian lain yang disebut lovebird lutino dan lovebird albino. Lovebirds
(agapornis) merupakan spesies burung beo yang sebagian besar berasal dari benua Afrika, kecuali lovebird grey atau abu-abu yang berasal dari Madagaskar. Masing-masing jenis memiliki daya tarik yang berbeda bergantung selera kolektor atau penghoby lovebird dan jenis yang sedang trend diperbincangkan dalam forum-forum offline maupun online di internet. Faktor kepopuleran inilah yang menyebabkan harga burung tersebut melonjak. Biasanya ketertarikan terhadap salah satu jenis lovebird disebabkan oleh faktor warna dan bunyi atau ada yang menyebut karena kecantikannya. Hal ini membangkitkan usaha kecil baru di bidang peternakan.

Berikut ini  jenis lovebird yang dirangkum dari berbagai sumber     
Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)
Sesuai namanya lovebird ini memang berwarna merah atau oranye pada bagian dahi/wajah. Lovebird jantan bulunya berwarna hijau kekuningan di bagian bawah sedangkan sayapnya berwarna hitam dengan ekor hijau. Paruhnya berwarna merah dan kaki abu-abu. Lovebird betina berwarna merah muda pada bagian dahi/muka sedangkan warna hijau ada di bagian bawah sayap.
Perbedaan jantan dan betina terletak pada bulu di bawah sayap. Burung lovebird betina bewarna hijau dan lovebird jantan berwarna hitam.
Habitat asal lovebird muka merah: Afrika tengah dan barat.

 Lovebird Sayap Hitam / Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)
Warna hitam terletak pada bagian bawah sayap sedangkan bulu tubuhnya umumnya berwarna hijau kekuningan pada bagian bawahnya. Lingkar mata dan dahi lovebird jantan berwarna merah sedangkan betina berwarna hijau.
Perbedaan jantan dan betina terletak pada warna bulu secara keseluruhan. Lovebird betina dominan warna hijau sedangkan lovebird jantan memiliki warna merah pada bagian dahi dan lingkar mata.
Habitat asal: Ethiopia – Afrika

 Lovebird kerah hitam (Agapornis Swinderniana)
Disebut kerah hitam karena ada warna hitam pada bagian leher walaupun terkadang warna hitam itu hanya terlihat sedikit, terutama pada lovebird jantan. Pada bulunya umumnya berwarna hijau dengan bagian punggung berwarna biru. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman sedangkan pada bagian kaki berwarna kuning kehijauan.
Perbedaan jantan dan betina: Lovebird jantan, bulu hitam lebih terlihat di bagian tengkuknya, sedangkan lovebird betina terlihat lebih sedikit.
Habitat asal: banyak ditemukan di Afrika Tengah dan sebagian di Afrika Barat

Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)
Umumnya, bulu lovebird muka salem berwarna berwarna hijau dan pada tubuh bagian bawah cenderung kekuningan. Dahi, dada dan belakang mata berwarna merah, paruhnya berwarna kuning sedangkan pada sayap bagian bawah berwarna kebiruan dengan kaki berwarna abu-abu
Lovebird muka salem memiliki varian Lovebird Albino dengan bulu putih bermata merah, Lovebird Lutino (bulu kuning bermata merah), Lovebird Cinamon yang berbulu coklat kekuningan, Lovebird Biru yang berwarna biru, Lovebird Golden Cherry dengan bulu kuning keemasan, Lovebird Pied yang memiliki bercak warna pada bulu-bulunya. Perbedaan lovebird jantan dan betina tidak terlihat jelas.
Habitat asal: Afrika Barat Daya

Lovebird Kacamata Topeng (Agapornis Personata)

Lovebird Kacamata Topeng umumnya berbulu hijau, pada bagian dahi dan pipi depan berwarna hitam kecoklatan. Warna kehitaman terlihat pada bagian kepala sedangkan pada bagian leher dan dada berwarna kuning dengan kaki abu-abu dan bulu ekor berwarna hijau. Dari segi warna, sulit membedakan lovebird betina dan jantan.
Habitat asal: Tanzania - Afrika


Lovebird Kacamata Fischeri (Agapornis Fischeri)
Lovebird Kacamata Fischeri umumnya berbulu hijau dan lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah. Dahi, pipi dan kerongkongan berwarna oranye, sedangkan bulu kepala bagian bawah berwarna hijau lembut. Warna kuning terdapat pada dada bagian atas dan kerah sekitar leher dengan ekor biru muda. Kaki Lovebird Kacamata fischeri berwarna abu-abu sedangkan paruhnya berwarna merah.
Habitat asal: Tanzania - Afrika

Lovebird Kacamata Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)
Lovebird Kacamata pipi hitam berbulu hijau hijau  dan pada dahi depan berwarna coklat kemerahan. Pada dada bagian atas berwarna oranye lembut dengan ekor hijau dan kaki abu-abu. Lingkar mata berwarna putih sedangkan pada paruh bagian atas terdapat bercak hitam, dan warna hitam terlihat jelas pada bagian pipi.
Habitat asal: Zimbabwe dan Zambia - Afrika
Negara asal burung jenis lovebird kacamata pipi hitam telah membatasi ekspor lovebird ini sehingga sulit ditemui di pasaran.

Lovebird Kacamata Nyasa (Agapornis Lilianae)
Lovebird Kacamata Nyasa umumnya berbulu hijau, pada tubuh bagian bawah, dahi dan kerongkongan berwarna oranye dengan mahkota berwarna merah kekuningan. Lingkar mata berwarna putih dengan paruh merah tua, sedangkan kaki berwarna abu-abu.
Habitat asal: Tanzania, Malawi, dan Mozambique – Afrika




Lovebird kepala abu-abu / Lovebird Madagaskar (Agapornis Cana)

Bulu di bagian tubuh dan ekor umumnya berwarna hijau kekuningan. Bagian bawah  kepala, leher, dada, kaki, dan paruh berwarna berwarna abu abu







Perbedaan jantan dan betina: Bulu di bawah sayap burung lovebird betina bewarna hijau dan lovebird jantan berwarna hitam.
Habitat asal: Madagaskar


Itulah jenis lovebird yang saat ini menjadi burung idola di Indonesia dan menjanjikan prospek bisnis yang bagus dengan harga yang terus menggila.


0 comments:

Post a Comment